Senin, 18 April 2016

Pengembangan Profesional Bagi Pemimpin Pendidikan (Kepala Sekolah) - Resume


 A.      Pengertian Profesional dan Kepemimpinan
Kepala sekolah adalah seorang guru yang mempunyai kemampuan untuk memimpin segala sumber daya yang ada di suatu lembaga pendidikan khususnya sekolah, sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan bersama. Professional adalah pekerjaan (profesi) atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang harus dimiliki  dan memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.  Kepemimpinan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mempangaruhi orang lain agar mau bekerja sama serta melakukan tindakan dan perbuatan dalam mencapai tujuan bersama.
B.      Kriteria Kepala Sekolah Profesional
Beberapa kriteria kepala sekolah professional, antara lain:
  1. Memiliki kemampuan untuk menjalankan tanggungjawab yang diserahkan kepadanya.
  2. Memiliki kemampuan menerapkan keterampilan konseptual, manusiawi, dan teknis.
  3. Memiliki kemampuan untuk memotivasi bawahan agar bekerja sama secara sukarela dalam mencapai maksud-maksud unit dan organisasi.
  4. Memiliki kemampuan untuk memahami implikasi-implikasi dari perubahan sosial, ekonomi, politik, dan educational, serta memulai dan memimpin perubahan-perubahan yang cocok di dalam unit yang didasarkan pada perubahan-perubahan sosial yang luas.
  5. Kepala sekolah yang professional harus cerdas, intelek, dan bijaksana
Di dalam Peraturan  Menteri Pendidikan  Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 April 2007 Tentang Standar Kerja Kepala Sekolah, kepala sekolah profesional harus memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, sosial, pemikiran, dan spiritual. Selain itu, menjaga kesehatan juga sangat penting bagi kepala sekolah. Pembinaan kemampuan profesional kepala sekolah bisa melalui revitalisasi MKKS, peningkatan disiplin, pembentukan kelompok diskusi profesi, serta peningkatan layanan dan penambahan koleksi buku.

C.      Kiat Sukses Menjadi Kepala Sekolah
Berikut ini adalah beberapa tips efektif untuk menjadi kepala sekolah professional:
  1. Memberikan keteladanan.
  2. Cerdas memilih bawahan.
  3. Berorientasi pada pemberdayaan kepada staf, bawahan, dan partner.
  4. Cerdas mengambil kader-kader terbaik sebelum didahului oleh lembaga lain.
  5. Menjaga keseimbangan dengan cara aktif melakukan konsolidasi internal dan kreatif melakukan ekspansi keluar.
  6. Aktif  bekerja sama dengan orang lain.
  7. Kreatif mengembangkan kemandirian dana.
  8. Proaktif melakukan peningkatan diversifikasi.
  9. Rutin melakukan supervisi.
  10. Menciptakan transparansi dan akuntabilitas.
  11. Memberikan jaminan masa depan berupa masalah kesejahteraan anggota yaitu gaji meningkat, karier berkembang, dan aktualisasi yang sesuai dengan potensi masing-masing.

D.      Kesimpulan
Kepala sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan, tugas pokok sebagai guru tetap tidak boleh ditinggalkan (Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Sekolah yang baik dipimpin oleh manajer atau kepala sekolah yang baik (profesional).

Tidak ada komentar: