Senin, 07 Maret 2016

Kepemimpinan Kharismatik dan Visioner - Resume


A.    Kepemimpinan Kharismatik
Kepemimpinan kharismatik merupakan kepemimpinan yang memiliki daya tarik yang kuat terhadap pengikutnya. Pengikut tersebut mengikuti begitu saja kemauan pemimpin dan menerima pemimpin tanpa bisa menjelaskan alasannya. Kharismatik merupakan karunia kekuatan yang luar biasa yang bisa bersumber dari kepribadian, keahlian, atau kemampuan komunikasi dan akan tetap berlangsung selama kekuatan tersebut masih ada dan diakui oleh pengikutnya. Kepemimpinan ini tidak bisa dilihat hanya karena fisik, usia, maupun harta yang dimiliki. Perilaku kepemimpinan kharismatik adalah:
1.   Menciptakan kesan di antara para pengikut bahwa pemimpin tersebut kompeten.
2.   Menekankan pada tujuan-tujuan ideologis yang menghubungkan misi kelompok kepada nilai-nilai, cita-cita, serta aspirasi-aspirasi.
3.   Menetapkan contoh dalam perilaku mereka sendiri agar diikuti oleh para pengikutnya.
4.   Mengkomunikasikan harapan-harapan yang tinggi tentang kinerja dan mengekspresikan rasa percaya diri kepada para pengikutnya.
5.   Menimbulkan motivasi yang relevan.

B.    Fungsi Pemimpin Kharismatik
Beberapa fungsi dari pemimpin yang karismatik adalah sebagai berikut:
1.   Menginspirasi orang lain dan mendorong mereka untuk menjadi yang terbaik
2.   Anggota kelompok dapat melihat keberhasilan dalam hubungan dengan pimpinan mereka.
3.   Perekat yang memegang kelompok bersama-sama.
                                                          
C.    Kepemimpinan Visioner
Kepemimpinan visioner adalah kemampuan pemimpin dalam menciptakan, merumuskan, mengkomunikasikan,  mensosialisasikan, mentranformasikan dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal sebagai cita-cita organisasi di masa depan yang harus diraih melalui komitmen semua personil. Ciri-ciri ideal pemimpin visioner lebih ditekankan pada adanya kemampuan intelegensi dan emosional yang digabungkan untuk menggerakkan anggota organisasi agar tujuan organisasi tercapai.

D.    Fungsi Pemimpin Visioner
Fungsi pemimpin visioner adalah:
1.   Penentu arah (direction setter) menuju masa depan cita-cita organisasi.
2.   Agen perubahan (agent of change).
3.   Juru bicara (spokesperson).
4.   Pelatih (coach) bagi seluruh anggota untuk mencapai tujuan sesuai visi organisasi.

E.    Kesimpulan
Pemimpin yang karismatik mempunyai daya tarik tersendiri sehingga dapat membuat para bawahan untuk mengikutinya. Sedangkan kepemimpinan yang visioner dapat mengemukakan ide pada masa krisis, ide fleksibel yang dapat mengikuti perkembangan jaman, dan merealisasikannya. Sehingga dengan perpaduan sifat ini organisasi dapat berjalan dengan grafik yang menanjak.

Tidak ada komentar: